MERUYUNGAN

Rumah Resep Berlimpah Rempah

Review Tentang Meruyungan oleh SausKecap.com

Berikut ini kami sampaikan kesan & pesan salah satu tamu rumah makan Meruyungan yang dimuat di situs Kuliner yang banyak dikenal penggemar kuliner www.sauskecap.com yang ditulis oleh Sdr. Irawan yg berkunjung ke Meruyungan sekitar Maret 2012.     Untuk membaca tulisan aslinya silahkan klik http://sauskecap.com/soto-betawi-meruyungan/

“Yang menjadi ciri khas hidangan di resto Soto Betawi Meruyungan adalah kekayaan rasa di setiap masakannya. Rasanya sangat kaya, menurut saya rasa ini tercipta dari berbagai jenis rempah-rempah yang digunakan untuk membuat bumbunya. Soto betawi memiliki perpaduan rasa santan dan rempah, lembut dan tidak menusuk lidah. Daging sapi bakarnya pas menyatu dengan kaldu, rasanya empuk dan meresap. Tetapi bagi saya jawaranya adalah sate maranggi daging sapinya. Sate daging sapi dengan irisan tebal dipadu dengan bumbu rempah pas menyatu di lidah. Pembakarannya pas, tidak kering ataupun basah. Biasanya saya tidak terlalu suka menikmati daging sapi yang diolah dengan terlalu banyak bumbu, tetapi saya suka dengan olahan sate sapi di resto ini.” (Irawan,  www.sauskecap.com)

Satu lagi resto yang menjual makanan khas Indonesia di selatan Jakarta (alias Depok). Namanya Soto Betawi Meruyungan, terletak di jalan Meruyung Raya, kira-kira 1 km sebelum Masjid Kubah Mas dari arah Jakarta. Sebenarnya saya sering melewati resto Soto Betawi Meruyungan ini. Biasanya terlihat sepi dan tampak biasa saja, sehingga saya seringkali melewati resto ini begitu saja. Tetapi setelah mengunjunginya, ternyata resto ini tidak biasa. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Interior Rumah Makan Meruyungan, by SaosKecap.com
Interior Rumah Makan Meruyungan, by SaosKecap.com

Eksterior bangungan terlihat biasa dan sederhana, tetapi bagian dalamnya sangat unik. Resto Soto Betawi Meruyungan mengemas tema klasik ala peninggalan jaman Belanda. Dinding batu bata dicat putih dengan sentuhan kontras kuning. Lampu-lampu gantung, ambengan, dan hiasan yang serba kuno menghiasi ruangan resto ini. Furnitur dari kayu dengan gaya klasik minimalis melengkapi sentuhan jadulnya. Kelebihan lainnya, resto Soto Betawi Meruyungan memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk menampung beberapa mobil.

Foto Nasi Goreng Kebuli, by SaosKecap.com

Menu di resto ini tidak terbatas hanya soto betawi saja, ada menu lain seperti sop, gule, sate, nasi goreng, hingga tumis kangkung. Di daftar menunya pun tertulis keterangan menu apa saja yang menjadi favorit di resto Soto Betawi Meruyungan, sehingga memudahkan kita dalam memilih menu, terutama jika baru mengunjunginya untuk pertama kali. Saya memesan soto betawi daging sapi bakar dan sate maranggi daging sapi, istri saya memesan nasi goreng kebuli. Semua yang kami pesan adalah menu favorit di resto ini.

Yang menjadi ciri khas hidangan di resto Soto Betawi Meruyungan adalah kekayaan rasa di setiap masakannya. Rasanya sangat kaya, menurut saya rasa ini tercipta dari berbagai jenis rempah-rempah yang digunakan untuk membuat bumbunya. Soto betawi memiliki perpaduan rasa santan dan rempah, lembut dan tidak menusuk lidah. Daging sapi bakarnya pas menyatu dengan kaldu, rasanya empuk dan meresap. Tetapi bagi saya jawaranya adalah sate maranggi daging sapinya. Sate daging sapi dengan irisan tebal dipadu dengan bumbu rempah pas menyatu di lidah. Pembakarannya pas, tidak kering ataupun basah. Biasanya saya tidak terlalu suka menikmati daging sapi yang diolah dengan terlalu banyak bumbu, tetapi saya suka dengan olahan sate sapi di resto ini.

Benar-benar sayang jika resto Soto Betawi Meruyungan ini terlewatkan begitu saja. Rasa makanan yang disajikan cukup unik dan kaya, tempatnya memiliki tema yang kuat. Harganya, semua menu diatas plus tiga gelas minuman hanya merogoh kocek Rp 66.000 saja. Warung ini buka saat mulai jam makan siang, mungkin sekitar pukul 11 siang. Tertarik? Silahkan mampir jika anda kebetulan berada di sekitar area Masjid Kubah Mas.

 

 

 

1 Komentar»

  jas pengantin betawi wrote @

soto betawi eunak banget, sayang nyari di solo tidak mudah. suka dengan khas rasa kuahnya dan bumbunya yang nendang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: